Senin, 23 Februari 2015

Ki Lurah Bagong; Bawor; Cepot; Astrajingga;







SUARA gamelan berhenti. Bagong masuk ke panggung menemui Petruk. “Truk, Gareng kini punya penyakit aneh. Suka menggigit pantat orang,” kata Bagong. Petruk percaya. Setelah itu, Bagong bertemu dengan Gareng. “Petruk kini berekor,” ujar Bagong mencoba membohongi. Seperti Petruk, Gareng percaya. Keduanya kemudian bertemu. Petruk waspada. Dia menutupi pantatnya dengan tangan. Penasaran, Gareng berusaha melihat pantat petruk.

Keduanya berkejaran, hampir berkelahi. Beruntung, Semar datang menengahi. Mereka akhirnya tahu bahwa Bagonglah dalang keonaran ini. Semar berkata, “Membuat isu atau sas-sus itu tidak baik. Cuma bikin celaka orang dan kisruh.” Adegan-adegan ini terdapat dalam acara Ria Jenaka di TVRI pada 1980-an.­ Sebuah acara yang menjadi corong penguasa untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan melalui tokoh panakawan atau biasa disebut juga punakawan. Tokoh-tokoh wayang yang lekat dengan lawakan dan keanehan bentuk tubuh. Tak seperti awal kemunculannya. (sumber: http://historia.co.id/artikel/kuno/1014/Majalah-Historia/Kawan_Penasihat_dan_Pelawak

Bagong Mendem..  Begitu pemilik menyebut Salah satu koleksi Batu Gambarnya. Melihat akik ini ingatan seakan dimanjakan oleh kenangan dari masa kanak2 era thn 80-an di TVRI yaitu  RIA JENAKA yang digawangi oleh Ateng, Iskak dkk.

Bumi Nusantara kaya sekali Sumber Daya Alamnya , salah satunya bebatuan mulia dan permata. Terdapat puluhan jenis  Bebatuan alami. Dari ujung barat terdapat giok Aceh, Padang terdapat Sungedare, Daratan Sumatera lainnya terdapat Batu Raja, Rafflesia dari bengkulu, Batu Satam jenis Tektite dari Bangka, Pandan dari Betawi, di Purbalingga, Sungai Klawing ada Nogosui.. LUAR BIASA BUKAN.. Belum lagi Chrysocolla Chalcedony atau yg umum disebut Bacan,  Karena ditemukan di Kepulauan Halmahera yaitu Pulau Bacan, desa Doko dan Desa Palamea. Tertinggal disebelah daerah jabar terdapat Panca warna yang Kesohor atau Garut yg konon Hijaunya lebih Cantik dari Zamrud. Kalimaya dari Banten. Di Kalimantan terdapat intan berlian dan Kecubung. Karena Keterbatasan pengetahuan tidak bisa saya sebutkan satu2.

Yang jadi pertanyaan kita mengapa tidak satupun buku ensiklopedi Gemstone dan Mineral yang mereka sebut sebagai "KAMUS" itu menyebut atau mencantukan INDONESIA dalam Origin atau Asal Usul bebatuan. padahal tidak ada negara di dunia ini yang memiliki ragam bebatuan dan mineral sebanyak yang ditemukan di Nusantara Indonesia Negara kita Tercinta ini. Tanya Kenapa?

Mari kita Jaga dan Lestarikan..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar